Legenda Inter Milan, Javier Zanetti dan Manajer Akademi PERSIB, Yoyo S. Adiredja berfoto bersama pada acara launching, 13 Februari 2018. © PERSIB.co.id

kolom
Minggu, 13-02-2022 20:00 WIB

Mengenang Empat Tahun Eksistensi Akademi PERSIB

Hari ini, 13 Februari 2018 silam, PERSIB bekerja sama dengan klub Serie A Liga Italia, FC Internazionale meresmikan Akademi PERSIB. Akademi PERSIB menjadi wadah pembinaan anak usia dini yang ingin menjadi pesepakbola berkualitas dan berbudi luhur. 

Pembinaan terhadap anak-anak usia dini juga sudah menjadi syarat bagi klub untuk bisa mentas di level internasional, seperti AFC Cup. Hal ini dimaksudkan agar klub bisa terus melakukan regenerasi terhadap para pemainnya. 

Peresmian Akademi PERSIB tidak hanya fokus membina anak-anak usia dini, tapi meningkatkan kualitas kepelatihan melalui kursus singkat. FC Internazionale mengirimkan dua pelatih untuk berbagi pengalaman dan pengetahuannya kepada para pelatih Akademi PERSIB. 

Sejak pembukaan, Akademi PERSIB mendapat sambutan hangat dari masyarakat hingga membuka cabang di beberapa daerah, yakni Kuningan, Majalengka dan Cirebon. Hingga kini Akademi PERSIB memiliki 17 cabang di kota/kabupaten di Jawa Barat dan Pati, Jawa Tengah.

Seiring pembinaan, tim pelatih Akademi PERSIB terus meningkatkan kualitas program dengan menerbitkan kurikulum sendiri. Kurikulum ini mengadaptasi filosofi sepakbola Indonesia dan FC Internazionale. Meski begitu, karakter permainan PERSIB yang sudah ada sejak lama tetap dipertahankan.

Kurikulum ini terus mengalami pembaruan, menyesuaikan dengan perkembangan sepakbola mancanegara dan nasional. Selain itu, kurikulum Akademi PERSIB juga memperhatikan penerapan sports science dan penggunaan teknologi.

Pemain putri
Akademi PERSIB tidak membeda-bedakan jenis kelamin. Pada 2020 lalu, tim putri Kota Bandung pun dibentuk. Hal ini sontak menjalar ke berbagai daerah lainnya seperti Kuningan dan Purwakarta. Pembinaan terhadap tim putri membawa mereka mentas di Piala Pertiwi Jawa Barat yang saat ini sedang digelar. 

Akademi PERSIB terus menunjukkan hasil menggembirakan. Terdapat empat pemain muda di tim PERSIB musim 2021-2022. Mereka adalah Fadri Sidiq dan Ferdiansyah dari Bandung, Kakang Rudianto dari Cimahi dan Dimas Juliono Pamungkas dari Tasikmalaya. Tiga nama terakhir pernah menjalani pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19 dan Garuda Select. **** 

Pandu Persada
berita harian
PERSIB Goes To School di SDN 178 KPAD, Tumbuhkan Keberanian Melalui Sepakbola
Program PERSIB Goes to School kembali digelar, kali ini dengan mengunjungi SD Negeri 178 KPAD, Kota Bandung, 16 Juni 2022
Senin, 20-06-2022 17:00 WIB
berita harian
Akademi PERSIB Tambah Jam Terbang Pemain Binaan
Akademi PERSIB terus melanjutkan pembinaan terhadap para pemainnya
Jumat, 10-06-2022 21:30 WIB
berita harian
Akademi PERSIB Terus Menggali Potensi
Akademi PERSIB menyelenggarakan Festival PERSIB Academy League untuk kelompok usia (KU) 10 dan 12 tahun di Lapangan Soccer Republic
Kamis, 12-05-2022 20:00 WIB